Tuesday, 28 August 2012

Cara Memasak Menggunakan Happy Call (Happycall Double Pan)

Bunda, kali ini saya bagikan tentang cara memasak menggunakan Happycall double pan ya..

Happycall nampaknya sedang menghebohkan ranah dapur ya bunda xixixi.. Termasuk saya ikutan latah membelinya karena menurut teman-teman merupakan salah satu investasi berharga untuk memasak. ┼┼ee┼┼ee.. ┼┼ee┼┼ee.. =))

Ok langsung saja ya bunda berikut langkahnya..

1. Setelah anda menerima paket happycall buka kemasannya, kemudian cuci bersih happycall dan karetnya menggunakan busa (busa ya bunda, kawat dan alat cuci kasar lainnya tidak diijinkan karena bisa menggores permukaan nya).

2. Pasang karetnya disela 2 pannya, kemudian happycall siap dipakai.

3. Happycall bisa digunakan untuk menggoreng, bisa juga untuk menumis, merebus juga memanggang (membakar).

Detail caranya sbb :

A. Menggoreng

Pastikan minyak tidak lebih dari sepertiga pan pendeknya bunda, supaya minyak tidak meluber keluar saat dipanaskan, pastikan juga makanan bisa tercelup minyak supaya matang merata. (Sebagai catatan, happycall memiliki 2 pan yang disatukan dengan pengait, pan yang satu lebih pendek dari yang lain.)

Panaskan minyaknya dengan api sedang hingga siap untuk menggoreng, masukan bahan makanan yang akana digoreng kemudian tutup pannya. Tidak perlu diaduk atau dibolak-balik bunda, cukup di balik saja pannya jika dirasa bahan makanan sudah matang bagian bawahnya.

Setelah membaliknya, jangan langsung membuka pannya bunda.. Biarkan minyaknya turun ke pan bawah sekitar 20 detik baru bisa kita mengintip masakan kita. Setelah makanan matang, angkat menggunakan penjepit.

B. Menumis

Happycall yang bersih diletakan di api sedang, beri minyak dan bawang atau bumbu tumisan kemudian tutup pannya. Goyang-goyang happycall dan balik.

Ketika sudah tercium bau harum, masukan air yang sudah dicampur bumbu-bumbu taburan, tutup pan.. Airnya jangan lebih dari 1/3 tinggi pan pendek ya bunda.

Diamkan hingga air mendidih (tampak dari uap di sisi belakang happycall), buka happycall cicip kuahnya sudah ok belum rasanya, jika sudah masukan bahan makanan yang akan ditumis dan tutup kembali pannya.

Biarkan beberapa saat, balik pan nya. Setelah dirasa masakan matang. Matikan api.. Tunggu 10 detik. Buka pannya.

C. Merebus

Pastikan tinggi air tidak lebih dari 1/3 tinggi pan, rebus bahan seperti biasa. Setelah kira-kira matang matikan kompor, 10 detik kemudian baru buka pannya.

D. Memanggang

Oleskan mentega atau minyak di pan atas dan pan bawah, kemudian tata bahan makanan yang akan dipanggang misal adonan kue, ikan, pasta. Tutup pan.

Gunakan api kecil agar matang merata dan tidak gosong. Jika anda menggunakan pan yang besar dan ingin masakan lebih matang merata, setelah sekian waktu geser happycall kesisi yang lain.

Balik happycall ketika sudah yakin bagian bawahnya matang . Setelah semua matang, angkat.

D. Membakar

Mirip dengan memanggang, tapi jika yang anda bakar otak-otak atau pepes tidak perlu memakai minyak atau mentega ya....

~~ Kesimpulan saya, happycall lebih baik digunakan untuk menumis, memanggang atau membakar saja karena tidak perlu kuatir dengan air atau minyak yang meluap. Dann kalau saya pribadi saat menggoreng dengan banyak minyak lebih mantap pakai penggorengan ╭(^▽^)╯

4. Setelah selesai memasak menggunakan happycall, dianjurkan segera cuci happycall menggunakan air hangat dan sabun cuci piring serta busa.

5. Simpan happycall di tempat yang bersih, kering dan bebas lembab.

Ok sekian sharing saya bunda, semoga membantu..

Best Regard

Inova Melisa pin:28C627DE
Hp atau whatsapp : 085743422244
yahoo messager : inova.melisa

Blog blog :

Www.maminyacherish.blogspot.com
Www.resepinovamelisa.blogspot.com
Www.sistainovamelisa.blogspot.com
Www.mamicerdas.com
www.inovamelisa.wordpress.com


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...